Kegiatan “Memilih Itu Juara, Pemilih Pemula, Pemilih Cerdas” RRI Bandar Lampung

Peran aktif masyarakat dalam melakukan pengawasan terjadinya pelanggaran pada setiap tahapan pemilu dinilai sangat penting, mengingat Provinsi Lampung merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki tingkat kerawanan pelanggaran pemilu yang cukup tinggi.

Pengamat Politik Universitas Lampung Robi Cahyadi pada dialog “Memilih itu Juara” yang digelar RRI Bandar Lampung, Selasa (4/12/2018) mengatakan dari 33 Provinsi diseluruh Indonesia, Provinsi Lampung masuk dalam 15 besar daerah yang rawan pelanggaran Pemilu.

Ia menambahkan, dari 15 besar daerah yang rawan pelanggaran pemilu tersebut, Provinsi Lampung menempati urutan kedelapan dengan nilai 49,56 kerawanan.

“Dari survey Bawaslu, Lampung dinilai menjadi daerah yang rawan penggaran Pemilu, dan menempati urutan kedelapan dari seluruh provinsi di Indonesia. Ini harus menjadi perhatian kita bersama,” ungkapnya.

Sementara itu Komisioner KPU Provinsi Lampung Divisi SDM dan Sosialisasi Antonius megungkapkan, dalam mengantisipasi terjadi berbagai pelanggaran pemilu, pihaknya melakukan beberapa upaya, seperti dengan meningkatkan profesional penyelenggara di tingkat bawah, hingga perbaikan sistem penyelengaraan pemilu.

Kegiatan “Memilih Itu Juara, Pemilih Pemula, Pemilih Cerdas” yang digelar RRI Bandar Lampung selain dihadiri Ketua Dewan Pengawas LPP RRI, Bapak Mistam, juga mengundang narasumber pengamat politik (akademisi), dan perwakilan dari Bawaslu setempat.
Tak hanya itu, acara yang diikuti ratusan peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum di sekitar Lampung tersebut dimaksudkan sebagai wujud nyata peran RRI ikut mencerdaskan bangsa dalam konteks pendidikan politik dan demokrasi bagi masyarakat. (bbd/sij)