RRI HADIRI ABU PLANNING STRATEGY GROUP MEETING

Asian Broadcasting Union (ABU) merupakan organisasi internasional yang mengkoordinasi media penyiaran di seluruh Asia Pasifik untuk bersatu dalam hal penyiaran dan menyediakan informasi kepada seluruh masyarakat di Asia Pasifik.
Pada Senin, 4 Maret 2019 di Royal Chulan, Kuala Lumpur, Anggota Dewan Pengawas RRI Ibu Dwi Hernuningsih sebagai anggota Planning and Strategy Group (PSG) yang merupakan salah satu dari 11 anggota menghadiri Mid-term Planning and Strategy Group Meeting. PSG melakukan rapat setahun Dua Kali untuk mendiskusikan keberlangsungan ABU dan manfaatnya bagi anggota.
Dalam meeting PSG Kali ini membicarakan mengenai “ABU three years action-plan”. Beberapa Hal yang menjadi fokus dalam meeting tersebut aadalah bagaimana ABU mampu memberikan fasilitas bagi seluruh anggota dan meningkatkan kapasitas sebagai media penyiaran untuk beradaptasi dalam era digital, melalui beberapa forum seperti consulting, training, networking baik dalam lingkup ABU maupun dengan organisasi internasional lainnya.
RRI yang telah menjadi anggota tetap ABU sejak tahun 2006 turut aktif bertasipasi dalam beberapa program ABU seperti dance festival dan ABU Radio song festival.
Pada prinsipnya RRI mendukung pengembangan ABU di Eropa dengan mempertimbangkan aspek financial dan manfaatnya bagi anggota. Dalam diskusi tersebut Ibu Dwi Hernuningsih juga mengusulkan culture exchange program untuk masuk ke dalam konten website ABU yang sedang memproses pembaharuan tampilan website ABU.
Konten culture exchange program tersebut memungkinkan seluruh media yang masuk dalam keanggotaan ABU untuk mengakses program budaya yang di miliki media setiap negara anggota. Program budaya ini diharapkan dapat membangun toleransi antar bangsa menuju dunia yang damai.
Pada kesempatan yang sama NHK Jepang mempresentasikan tema “Building Trust : Enriching Audiences Experiences” untuk General Assembly yang akan di gelar di Tokyo pada 16 sampai 22 November 2019//NK